Jumat, 27 Oktober 2017

Contoh Makalah TIK tentang JOYSTICK


MAKALAH TIK
JOYSTICK




DISUSUN OLEH :
       NAMA     :  NUR UMARDIYANTI
       NO.          :  24
       KELAS    :  X MIPA 4

  SMA NEGERI  1 AMBARAWA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018



1.  Sejarah

Joystick mulai dikenal pada abad 20-an yang pada saat itu joystick diartikan sebagai pengendali pesawat terbang, dan kemudian joystik berkembang menjadi alat elektronik.
Sekitar tahun 1944, jerman menciptakan tuas kendali listrik pertama dengan dua sumbu /2-axix untuk mengarahkan dan menembak misil anti kapal oleh pesawat Henschel H 293 ke arah kapal musuh.
Pada tahun 1960 penggunaan joystik menjadi tersebar luas dan berkembang ke industri pesawat udara modeling sistem radio-controlled seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill Kraft (1964). Kraft kemudian menyalurkan ide joysticks kepada industri komputer dan para pemakai lainnya.
Pada tahun 1963 (PERMOBIL) membuat kursi roda pertama yang dikendalikan oleh radio kontrol joystick. Bahkan pada periode itu NASA menggunakan joystick sebagai alat kontrol sebagai bagian dari misi Apolto. Sebagai contoh, model uji pendarat bulan dikendalikan dengan joystick.
Akhirnya pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan magnovox menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan joystick analog.
Pada tahun 1980-an banyak pesawat modern, misalnya seperti pesawat Airbus menerima era baru kontrol pererbangan menggunakan  josytik.
Pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah joystick lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega.

2.     Pengertian

Joystick merupakan perangkat keras pada komputer yang biasanya digunakan untuk game komputer. Alat ini memiliki tombol dan yang bisa digerakkan ke segala arah untuk mengendalikan gerakan objek pada monitor

3.  Fungsi

Sesuai dengan pengertiannya untuk masalah fungsi joystick ternyata ada beberapa macam, yaitu :
 Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
 Untuk megontrol permainan video.
 Joystick juga banyak di implementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursi roda bermotor dan truk.

4. Cara Kerja


Joystick merupakan piranti penuding tidak langsung. Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas atau dengan tekanan pada tuas. Pada joystick biasanya terdapat tombol yang dapat dipilih atau diasoasikan dengan papan ketik. Dalam pengoperasiannya, joystick tidak memerlukan tempat yang luas. Joystick mempunyai perbandingan K/T yang berubah-ubah.

5.  Jenis-Jenis

A.    Joystick Logitech Rumble

Hasil gambar untuk Joystick Logitech Rumble

Jenis joystick di atas adalah jenis joystick yang paling sering digunakan pengguna game dikarenakan joystick tersebut dapat digunakan untuk game apa saja.

B.     Joystick Logitech Racing Wheel









Jenis joystick ini berbentuk seperti stir mobil jenis joystick tersebut berfungsi khusus untuk game balap mobil.

C.       Joystick Logitech Extreme 3D Pro





Jenis joystick diatas adalah jenis joystick berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi khusus untuk game pesawat terbang.


D.    Joystick Controller



Jenis ini menggunakan potentiometrick. Skalar pada joystick controller digunakan untuk menterjemahkan gerakan menjadi sinyal output. Jenis ini terbuat dan plastik, nilon, gelas penuh rulon dan stainless steel, selain digunakan untuk game juga digunakan dalam bidang pertanian, kendaraan kemudi.

E.     Joystick PC dengan Fungsi Turbo



Berbeda dengan joystick yang beredar di pasaran. Metal Strike 3D nama dari jenis joystick PC. Turbo digunakan untuk permainan simulasi penerbangan dengan desain 4 axiz dan juga memiliki Ailero, Elevator, Trottle, dan Controlpower. Fungsi turbo untuk pengulangan otomatis, bisa memainkan permainan pertarungan di udara  dengan kemampuan menembak otomtis yang baiksenjata otomatisi 

1 komentar:

Filosofi dari Rumah Adat Joglo

Filosofi dari Rumah Adat Joglo Teras dan Pendopo Salah satu ciri khas yang dimiliki rumah Jawa adalah teras yang tak beratap serta p...